MAKANAN KHAS PALEMBANG

Apa yang menarik dari Palembang, kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan? Jika kamu memiliki cukup waktu untuk menjelajahi kota tertua di Indonesia ini, tidak sedikit keunikan dan hal istimewa yang bisa ditemukan.
Makanan khas Palembang adalah salah satunya. Alkuturasi dari beragam budaya di kota yang dijuluki Venice of the East ini telah menghasilkan produk kuliner yang bermacam-macam. Meski Palembang dikenal dengan pempeknya, ada belasan, bahkan puluhan makanan khas Palembang lain yang bisa kamu coba saat berkunjung ke ibu kota Sumatera Selatan ini.
Jika kamu tertarik untuk menjelajahi kekayaan rasa kota Palembang, tidak ada salahnya menyediakan waktu khusus untuk berwisata kuliner. Dari makanan ringan hingga berat, dari restoran besar hingga kaki lima di pinggir jalan, beberapa hidangan & tempat di bawah ini wajib masuk dalam itinerary liburan kamu di Palembang, ya!

1. Pempek

Hampir semua orang pastinya sudah pernah mencoba pempek. Sajian ini terbuat dari daging ikan dan sagu, yang kemudian dimodifikasi dengan tambahan tahu, udang, telur dan lainnya. Pempek kemudian disajikan dengan saus khusus, yang terbuat dari campuran gula merah, cabe, bawang putih, garam dan udang ebi. Dari bahannya, membayangkannya saja sudah luar biasa, apalagi saat mencobanya.
Image credit: @fatroy3
Tidak sedikit tempat makan pempek ternama di Palembang dan semuanya tergantung selera. Namun, salah satu yang paling terkenal dan melegenda adalah Pempek Pak Raden. Saking terkenalnya, sudah ada jaringan franchise di beberapa kota besar di Indonesia. Bila kamu tertarik mencoba di tempat semua bermula, langsung saja menuju TKP!
Lokasi: No.80A., Jl. Radial, 24 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan
Jam buka: Setiap hari, 06.00 hingga 22.00
Harga: 3,000 IDR per biji

2. Tekwan

Mencicipi bakso di Palembang, mengapa tidak? Hanya saja, basko di Palembang memiliki nama yang sedikit berbeda. Warga lokal mengenalnya dengan tekwan. Hidangan ini disajikan dengan bakso ikan, mie putih, kuah bening dengan rasa yang khas karena terbuat dari sari kelapa udang serta daun bawang.
Image credit: @smelllikehome
Pempek Lince menjadi spot terbaik menikmati makanan khas Palembang ini. Maknyus!
Lokasi: Jl. Tugumulyo No.2398, 20 Ilir D II, Ilir Timur I, Palembang, Sumatera Selatan
Jam buka: Setiap hari, 08.00 hingga 18.00
Harga: Mulai dari 18,000 IDR per porsi

3. Laksan

Pecinta kuliner nusantara seharusnya tahu pempek lenjer. Nah, di Palembang, kuliner ini tidak dinamai demikian, tapi menjadi laksan. Makanan khas Palembang ini disajikan dalam kuah bersantan, yang membuatnya mirip dengan lontong sayur.
Image credit: @laksankaito
Kuliner ini paling pas disantap saat pagi hari, dan salah satu yang terkenal di Palembang adalah Laksan Kaito. Harga per porsinya juga sangat terjangkau, lho!
Lokasi: Jalan Kapten Anwar Arsyad, No. 999, Palembang, Sumatera Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai dari 06.00 hingga 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi

4. Celimpungan

Salah satu turunan lain dari pempek adalah Celimpungan. Makanan khas Palembang ini termasuk salah satu yang sulit ditemukan karena biasanya hanya muncul saat lebaran.
Image credit: @yantiliaw
Berbahan dasar ikan dan sagu, Celimpungan menjadi makanan yang mirip dengan laksan, namun berbentuk bulat putih dan sedikit lebih besar dari tekwan. Kuah kari yang kental juga menjadi ciri khas tersendiri. Kalau sudah tidak sabar ingin coba, Warung Aba menjadi spot terbaik mencicipi hidangan ini di kala pagi.
Lokasi: Jl. Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai 05.00 hingga 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

5. Burgo

Terbuat dari adonan tepung beras dan tepung sagu dan dimasak seperti dadar tipis, sebelum kemudian digulung dan diiris kasar, tampilan burgo mirip dengan kwetiaw. Sajian ini paling enak disantap dengan kuah gurih, yang diracik dari santan dan aneka bumbu seperti ketumbar kencur, kunyit, lengkuas, bawang putih dan kemiri.
Image credit: @kaganganews
Melengkapi hidangan ini adalah daging ikan yang disuwir dan bawang goreng, juga potongan telur ayam rebus. Dengan sambal dan jeruk nipis sebagai penambah rasa, tempat paling nikmat menikmati burgo adalah di Warung Aba
Lokasi: Jl. Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu, Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan
Jam buka: Setiap hari, mulai 05.00 hingga 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per porsi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Street Food Indonesia Ini Gak Bakal Pernah Punah, Setuju?

WISATA KULINER DI BALI

Pentingnya Seni ‘Food Plating’ dalam dunia Culinary : Chef Yosi Warsa mengungkapkan rahasianya!